Lingkungan bisnis
Lingkungan
bisnis adalah segala sesuatu yang mempengaruhi aktivitas bisnis dalam suatu
lembaga organisasi atau perusahaan. Di bawah ini adalah contoh dalam lingkungan
bisnis.
A. Lingkungan Makro,
merupakan tempat di mana perusahaan harus memulai pencariannya atas peluang dan
kemungkinan ancaman. Lingkungan ini terdiri dari semua pihak dan kekuatan yang
mempengaruhi operasi dan prestasi perusahaan. Perusahaan perlu untuk memahami
kecenderungan akan lingkungan saat ini.
Lingkungan
makro perusahaan terdiri dari enam kekuatan utama, yaitu :
1. Lingkungan
demografi, memperlihatkan pertumbuhan penduduk
dunia yang tinggi, perusahaan distribusi, umur, etnis, dan pendidikan, jenis
rumah tangga baru, pergeseran populasi secara geografi, dan perpecahan dari
pasar masal menjadi pasar-pasar mikro.
2. Lingkungan
ekonomi, memperlihatkan suatu perlambatan
dalam pertumbuhan pendapatan riil, tingkat tabungan yang rendah dan hutang yang
tinggi, dan perubahan pola pengeluaran konsumen.
3. Lingkungan
alam, memperlihatkan kekurangan
potensial dari bahan baku tertentu, biaya energi yang tidak stabil, tingkat
populasi yang meningkat, dan gerakan “hijau” yang berkembang untuk melindungi
lingkungan.
4. Lingkungan
teknologi, memperlihatkan perubahan teknologi
yang semakin cepat, kesempatan inovasi yang tak terbatas, anggaran riset dan
pengembangan yang tinggi, konsentrasi pada perbaikan kecil daripada penemuan
besar, dan pengaturan yang meningkat terhadap perubahan teknologi.
5. Lingkungan
politik, memperlihatkan pengaturan bisnis
yang substansial, peranan badan pemerintah yang kuat, dan pertumbuhan kelompok
kepentingan umum.
6. Lingkungan
budaya, memperlihatkan kecenderungan
jangka panjang menuju realisasi diri, kepuasan langsung, dan orientasi yang
lebih sekuler.
B. Lingkungan mikro,
dimana perusahaan dapat melakukan aksi – reaksi terhadap faktor – faktor
penentu Opportunty (peluang pasar) dan juga Threat (ancaman dari luar).
Faktor
– faktor yang mempengaruhi, lingkungan mikro :
1. Pemerintah
2. Pemegang
saham
3. Kreditor
4. Pesaing
5. Publik
6. Perantara
7. Pemasok
8. Konsumen
Tidak ada komentar:
Posting Komentar