Kuliah VIII:
A. KEWIRAUSAHAAN/ENTERPRENEURSHIP
- Pengertian Wirausaha
Wirausaha secara
bahasa berasal dari dua kata yaitu: “wira” dan “usaha”. Wira adalah berarti
manusia yang unggul, teladan atau ahli, dan usaha berarti kegiatan yang
terorganisir dalam mengolah dan atau menjual produk baik dilakukan oleh
individu maupun lembaga dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan dan memenuhi
kebutuhan masyarakat.
Menurut Peter
Drucker, wirausaha (enterpreneur) adalah seseorang yang mampu memanfaatkan
peluang.
Menurut Bedeau,
entrepreneur adalah orang yang menanggung resiko, merencanakan, mengorganisir
dan memiliki suatu usaha.
- Sikap Mental Wirausaha antara lain terdiri dari:
a. Percaya
diri
b. Berorientasi
pada tugas
c. Pengambilan
resiko
d. Kepemimpinan
e. Keorisinilan
f. Berorientasi
masa depan
g. Kreativitas
- Faktor-faktor Pembentuk Mental Wirausaha dapat berasal dari:
a. Aspek Personal, merupakan aspek-aspek kepribadian
yang berkaitan dengan nilai-nilai individu seseorang.
b. Aspek
Sociological, merupakan aspek-aspek yang berkaitandengan hubungan antar manusia
sebagai makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri dan senantiasa saling
membutuhkan dengan manusia lain.
c. Aspek
Environmental, merupakan aspek-aspek lingkungan yang kondusif untuk memunculkan
dan membentuk mental wirausaha.
B. PERENCANAAN BISNIS
- Menilai Kondisi Pasar
Sebelum menciptakan suatu bisnis baru untuk pasar
tertentu, sebaiknya pengusaha mempertimbangkan kondisi-kondisi berikut dari
pasar tersebut, yaitu :
- Permintaan
- Persaingan
- Kondisi tenaga kerja
- Kondisi peraturan dan perundang-undangan
2. Mengembangkan keunggulan kompetitif
Setelah mengidentifikasi dan menilai pesaing
utamanya, maka pengusaha harus menilai segmen pasar spesifik dimana mereka
berada untuk menentukan keunggulan kompetitif yang dimiliki dan akan dijadikan
sarana untuk meraih pangsa pasar. Adapun yang dapat dilakukan dalam
mengembangkan keunggulan kompetitif bisnis adalah :
- Keunggulan-keunggulan penting perusahaan
- Menggunakan internet untuk menciptakan keunggulan kompetitif
- Mengembangkan analisis SWOT untuk mengembangkan keunggulan kompetitif
3. Mengembangkan rencana bisnis
Uraian terinci mengenai bisnis yang telah diusulkan
setelah menilai pasar dan mempertimbangkan keunggulan kompetitif merupakan
kegiatan mengembangkan rencana bisnis yang didalamnya mengemukakan tentang :
- Penilaian lingkungan bisnis
- Rencana manajemen
- Rencana pemasaran
- Rencana keuangan
- Menilai suatu rencana bisnis
C. TEORI MENETAPKAN LOKASI BISNIS
Lokasi bisnis secara signifikan dipersepsikan sebagai salah satu faktor
yang dapat membantu menunjang keberhasilan kegiatan bisnis. Hal tersebut karena
dengan lokasi yang tepat berkaitan dengan produk dan lahan bisnis yang digeluti
turut menetukan terhadap kelangsungan hidup suatu bisnis. Oleh karena itu dalam
menetapkan lokasi bisnis harus diperhatikan hal-hal berikut:
- Lokasi bisnis berkaitan dengan kemudahan akses bagi konsumen terhadap hasil produksi kegiatan bisnis (produk).
- Lokasi bisnis berdasarkan kedekatan dengan sumberdaya khususnya pasokan bahan baku sebagai salah satu faktor produksi dalam bisnis.
keterkaitan antara makhluk sosial ,bisnis,dan kepemimpinan ?
BalasHapus