Kamis, 31 Mei 2012

Lingkungan Bisnis

I. LINGKUNGAN BISNIS

Kuliah II:

A.    PENGERTIAN BISNIS

  1. Bisnis dilihat dari asal katanya, berasal dari Bahasa Inggris yaitu “Business” yang berarti “perusahaan”, “urusan” atau “usaha”.
  2. Hughes dan Kapoor menyatakan Bisnis adalah suatu kegiatan usaha individu yang terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.
  3. Brown dan Patrello menyatakan bahwa Bisnis adalah suatu lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Dapat disimpulkan bahwa Bisnis atau Usaha adalah Kegiatan mengolah dan atau menjual produk baik oleh individu maupun kelompok dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan dan memenuhi kebutuhan masyarakat.

B.     KLASIFIKASI BISNIS

Berdasarkan organisasi bisnis yang bergerak dalam bidang komersial (profit seeking), maka kegiatan bisnis diklasifikasikan menjadi 9 macam yaitu :
  1. Usaha Ekstraktif
  2. Usaha Agraris
  3. Usaha Manufaktur
  4. Usaha Konstruksi
  5. Usaha Perdagangan besar dan kecil
  6. Usaha Transportasi dan Komunikasi
  7. Usaha Finansial, Asuransi dan Real estate
  8. Usaha Jasa
  9. Usaha yang dilakukan oleh pemerintah


C.    BISNIS NIRLABA

Bisnis Nirlaba adalah organisasi bisnis yang melayani tujuan tertentu dan tidak semata-mata dimaksudkan untuk mencari laba.
Meskipun organisasi nirlaba tidak sepenuhnya fokus pada menghasilkan laba, namun organisasi tersebut tetap dikelola sebagaimana bisnis dikelola, dan hasil yang diperoleh dapat digunakan untuk kesejahteraan anggota organisasi, meningkatkan sarana, prasarana dan pelayanan kepada pihak-pihak yang berkepentingan atas organisasi nirlaba tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar